Mboiz c@k! Modular House with Zen concept and Palladio proportion explorations.

Rumah Mbois C@k | Malang |
Proposal Design

Iseng iseng berhadiah, saya bermimpi  memiliki rumah di selatan Malang yang sejuk dan dingin.
berbekal jalan-jalan melihat liat perumahan di sekitar Dau, saya ingin membangun rumah berkonsep kebun di atas lahan 10x20 m2.

Direncanakan rumah dibangun dengan sistem modular. Sambil buka-buka bukunya D K Ching, saya memadukan konsep ruang Zen dengan konsep proporsi Andrea Palladio.

Zen menggunakan modular tatami mengatur jarak kolom yang akan digunakan. Di sini jarak kolom yang dihasilkan bukan algi diukur berdasarkan As, tetapi ukuran ruangan dalam yang terjadi berdasarkan panjang tatami yang disusun. Jadi, jika biasa ruangan 3m x 4m adalah ukuran As nya, mana dengan metode ini, ukuran 3m x 4 m adalah ukuran ruang dalam jadinya. Dimensi kolom belum termasuk dihitung.

Konsep ini dipakai untuk mengakomodasi material modular yang digunakan, terutama material dinding. Tujuannya agar material-material yang telah dicetak modular tersebut tidak perlu banyak pemotongan dan terbuang tidak terpakai. Efesiensi material menjadi salah satu cita-cita mulia Green Design yang semakin didengungkan era mellenial ini. pada tabel skematik, telah saya klasifikasikan ukuran-ukuran amterial yang akan digunakan. Rata-rata berdimensi 1,2 m x 2,4 m. Modul ruangan pada rumah mbois ini kemudian menggunakan kelipatan 1,2m (ukuran denah jadi, bukan as). 





Konsep selanjutnya, proporsi Palladio. Yaitu konsep proporsi antara 1) lebar ruangan sebanding dengan tinggi ruangannya. atau 2) proporsi dengan menggunakan perbandingan harmonik phytagoras. (lihat pada gambar skematik)

Konsep terakhir adalah aplikasi green yang berkaitan dengan iklim dan lingkungan. Disini desain dibuatuntuk merespon kondisi iklim tropis basah, sehingga 
- koridor menajdi pilihan sirkulasi, sekaligus sebagai ruang peraantara antara ruang dalam dan ruang luar.
- denah rumah cenderung merapat kesisi Barat, namun tidak menempel.
- celah di sisi barat sebagai sirkulasi udara, tangga dan kolam di bawahnya untuk mendinginkan suhu ruang di bawah.
- sisa lahan di sisi timur di tanami pohon-pohon buah sebagai salah satu upaya urban farming yang produktif.
- membuat lubang biopori untuk menjaga air tanah.
- bioseptiktank dapat dikembangkan untuk membuat pupuk kompos. Pupuk kompos dapat dimanfaatkan untuk tanaman di kebun.





Comments

Popular Posts