Dapur Mungil untuk Pasangan Muda

2013 | Kendal |
RZ Kitchen |
Built


Pasangan muda Ri-Zu alias RZ memiliki aset properti berupa rumah kecil di Kendal, kota kelahiran sang suami. Sepulangnya dari NZ (New Zealand), mereka bermaksud memperluas rumah yang awalnya sekitar 36m2 : 2 kamar tidur, KM, 1 living room (belum ada dapur), khas perumahan kecil. Di area belakang seluas 2,5x6 meter itu mereka ingin membangun dapur yang nyaman.

Kami kemudian berdiskusi secara LDR (Long Distance Rembug-an) via Grup WA (zaman udah canggih). Desain yang saya tawarkan dalam awalnya adalah yang alternatif ke 2 sebetulnya, dalam sketsa-sketsa.


Secara simple, ruang memanjang 2,5 x 6 itu saya bagi menjadi 2 area: sisi kiri area kitchen set, area kanan untuk meja makan. kitchen didesain L sekaligus sebagai pembatas dua area ini. Dalam bayangan saya, ruang ini menjadi tempat berkumpulnya anggota keluarga, di mana Sang Ibu memasak (terbiasa hidup di luar negeri membuat Ree tidak tergantung dengan Asisten Rumah Tangga) sambil mengawasi anak Zi bermain, baik di area meja makan ataupun di atas, bersama Ayah Zu yang bekerja di depan laptop di meja makan. Harmonis sekali sepertinya.

Kemudian desain ini saya kembangkan lagi sehingga muncul alternatif 1, di mana meja kitchen saya desain miring, juga meja makan, bahkan plafon juga miring, sehingga dalam satu grid. Pertimbangannya agar kesan luas di dapat, sebagaimana prinsip segitiga sama kaki, di mana sisi miringnya adalah sisi terpanjangnya dalam segitiga tersebut.


Konsep ini saya pertajam dengan gubahan plafon yang menyatu dengan dinding dan meja, baik meja makan maupun meja kitchen. gubahan yang "agak atraktif" ini bagi saya cukup mewakili jiwa muda pasangan RZ yang energik dan inovatif, serta menginspirasi tentu saja. (sebagai info, mereka adalah delegasi Indonesia dalam sebuah International Young Conference, juga relawan Indonesia Mengajar yang meskipun mendapat beasiswa S2 ke Luar tidak diambil! demi mengajar anak-anak di pedalaman. Tapi selesai bertugas dapet beasiswa lagi.. ****ing cool!!! )

Lanjutan dari desain ini adalah rencana fasad dan rencana tangga untuk ke lantai atas. Awalnya direncanakan untuk dua lantai sampai kemudian ditunda sehingga hanya dibuat 1 lantai saja. Next time saya update untuk desain fasad luar nya. Karena sebetulnya saya membuat dari mulai sketsa, 3d, hingga maket untuk project ini. masih saya kumpulkan kembali kepingan file yang sudah tercecer.

Salam.









Team
Maket : Rizki Sukmo Nugroho
Gambar kerja : Pamardi Cahya Utama.

Comments

Popular Posts