Taman Transit Sunter



Competition Entry
Sayembara Smart Pedestrian Hub
IAI Jakarta
2010



Sayembara ini diadakan oleh IAI Jakarta, beberapa tahun yang lalu. TOR meminta kita untuk merancang area di bawah jalan layang Sunter menjadi area transit antara moda transportasi. dimana diarea itu sudah terdapat shelter trans Jakarta, kemudian diminta untuk memdesain pedestrian berikut shelter penitipan dan penyewaan sepeda sebagai proyeksi alternatif moda transportasi di Jakarta Utara ke depan.

Dari foto-foto eksisting yang keliatan banget gersang semacam padang beton, kita sulap area dibawah jalan layang tersebut menjadi taman hijau layaknya perbukitan dengan beberapa ruang penunjang dibawahnya. Taman dilengkapi dengan kolam ikan, kebun sayuran dan buah yang boleh dimanfaatkan masyarakat umum.

Berkaitan dengan sepeda, area taman tersebut dapat dimanfaatkan sebagai area berkumpul komunitas sepeda. dibuat lintasan sepeda, bengkel, dan shelter sepeda yang didesain menggantung di jalur pedestrian.

Kurang jeli membaca TOR membuat juri berkomentar (komentar ada di akun masing-masing peserta di web IAI JAkarta ketika itu) tentang tidak terlihatnya penggunaan material spronsop seperti yang dipersyaratkan. meskipun menurutnya ide taman yang produktif itu cukup. menarik. Well, kesalahan menjadi pelajaran bagi kita, dan bisa jadi motivasi dan semangat melihat karya kita diberi komentar meskipun tidak sempat masuk nominasi apapun.


Team:
Firman Anjasmoro
Abdul Aziz Arrosyid
Dugi Maheswardhitra
Rea Rili Angkasa

p.s. :
Makasih banyak kita dedikasikan khusus buat blue-cycle [motor biru] punya Firman yang bener-bener berjasa besar dalam proses ini. Biarpun orangnya sulit ditemukan ketika itu, motornya setia nemenin kita, mulai dari nganter kita makan, ke belakang kampus tiap diskusi malem, ngopi angkringan Pak Abu, sampe "dipaksa" ngebut ke stasiun. yap, dipaksa, saking gak bisa ngebutnya. Semoga kamu panjang umum dan disayang sama empu-mu.

Comments

Popular Posts