Fasad Modern pada Rumah Jawa Tradisional

Sukoharjo | 2016 
Renovasi Teras Rumah Mbak Siti 
Desain: 2016
Built : 2017 (Finish)

Akibat sering makan siang di warung pecel dan ayam kuah kuning enak (dan murah) di belakang Modern Foto, depan kampus UNS Solo, dan ada jus buahnya yang mantap (pesan-pesan dari sponsor). Saya mendapat kesempatan dari salah satu pelanggan warung tsb, sebut saja Mbak Siti, untuk membantu renovasi teras rumahnya.

Berada di sebuah perkampungan yang tenang dan asri,lokasinya tidak jauh dari kompleks Mall di Solo Baru: Hartono Mall, The Park Solo, dan bebrapa perkantoran bergaya modern di selatan Solo ini.

Rumah Mbak Siti bergaya "mini Joglo" dengan lebar fasad sekitar 7,5 m. Di sisi kanan rumah berupa pekarangan pribadi. Sedangkan di sisi kiri dan belakangnya berdiri rumah-rumah milik kakak dan saudara dari Mbak Siti. Desain teras yang saya tawarkan berupa atap yang cenderung flat sehingga keindahan atap limasannya tidak terganggu/ tertutupi atap teras. Kolom-kolom didesain pipih dengan pilihan batu bata exposed, atau menggunakan finishing batu alam.



Dua kolom di tengah disatukan seolah sebagai pintu masuk utama, memberikan wajah yang ramah dan mengundang, sebagai suatu sikap bertetangga di perkampungan Jawa yang sebaiknya terus dipelihara. Untuk membuat lebih dramatis, ditambahkan kolom lagi di ujung kanan rumah sehingga kesan rumah menjadi lebih lebar (lebih kurang 10m) dan menyatu dengan kebun di sebelahnya.


Terakhir, akses ke jalan dibuat di sisi kiri depan, setelah melalui revisi. Awalnya diletakkan di samping kiri menghadap jalan masuk ke rumah sebelah. Namun dikhawatirkan mengganggu keluar masuk kendaraan, dan proyeksi ke depan untuk area garasi. Semoga terwujud ya, mbak.





Comments

Popular Posts