Green Food Park di Sudut Kebun Kampus FT UNS

FoodPark FT UNS
Proposal design
2015 | Surakarta 

Setelah project redesain Parkir FT UNS dengan sistem kartu parkir, kami AXI Indonesia kembali dihubungi ICT FT UNS terkait rencana Prof Kuncoro, Dekan FT UNS ketika itu. Beliau bermaksud merebranding Kantin FT menjadi Food Park UNS layaknya Food Park di Lembah UGM.

Setelah survey site dan diskusi dengan tim, kami menggunakan sistem SKS ala wayang kulit di JAwa (kebut semalam suntuk) untuk menyelesaikan proposal kilat ini. Kami mengajukan desain kantin 2 lantai dengan sistem struktur baja. Massa bangunan sederhana memanjang utara-selatan mengikuti grid bangunan lainnya di kampus yang "taat mata angin".

 

Konsep bangunan kantin di desain terbuka pada lantai bawah, dengan beberapa mini tenant untuk berjualan. di lantai atas didesain semi terbuka, dengan desain kayu-kayu horizontal sebagai pot tanaman yang disusun ritmik, sebagai secondary skin, yang melindungi ruang makan dari sinar matahari sore yang menyengat.

Area outdoor di desain dengan menempatkan payung-payung di sisi utara maupun di selatan bangunan kantin, sehingga manajdi taman yang ramai aktivitas mahasiswa. Agar lebih hidup, suasana di utara di beri jembatan penghubung, kali dipeluas dan dibersihkan, kemudian diberi tangga ke atas jalan. Sehingga area utara ini ke depan dapat menajdi akses utama dari arah UPTP2B, dari FE, FSRD. Terlebih untuk ruang parkir masih ada space yang cukup di sisi jalan ini.



Team desain:
Giovanni Libel De Linne
A. Aziz Arrosyid
Andika Putra Perdana






Comments

Popular Posts